Selasa, 15 April 2008

GURU-ku: DISKUSI MATERI KULIAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN

GURU-ku: DISKUSI MATERI KULIAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Fatmasari_UIN_2b_Bind

Psikologi pendidikan sangat penting untuk dipahami dan diterapkan oleh seorang guru karena dengan memahami psikologi anak didik akan memudahkan proses pembelajaran yang berlangsung. Dengan memahami psikologi anak didik, seorang guru juga dapat menyelesaikan masalah-masalah yang timbul dalam praktek pembelajaran nantinya. sehingga memudahkannya dalam menyelesaikan masalah-masalah psikologis yang timbul dalam praktek pembelajaran.
Saya sependapat dengan Bapak Darsana bahwa seorang guru tidaklah boleh memaksakan kehendaknya sendiri kepada anak didiknya, tidak boleh memindahkan isi batoknya kepada anak didiknya. Menurut saya, pembelajaran seperti itu terlalu memaksakan kehendak pribadi guru itu sendiri sehingga materi pembelajaran yang disampaikan kepada anak didik kurang dapat diterima oleh peserta didik dengan baik. Hal itu dikarenakan unsur keterpaksaan dalam menerima dan memahami materi pembelajaran tersebut.
Proses psikologi anak didik sangat berpengaruh pada proses pembelajaran, yaitu:
1. Motivasi : bisa dikatakan peserta didik membutuhkan dukungan atau support dari orang-orang di sekelilingnya,khususnya orang-orang yang dicintainya.
2. Ingatan : peserta didik akan memperhatikan dan memahami materi yang disampaikan sehingga ia akan menyimpan materi tersebut dalam draftnya sendiri dan suatu waktu ia akan mengingat materi pembelajarannya kembali.
3. Perasaan : Baik buruknya perasaan anak didik sangat mempengaruhi proses pembelajaran. sehingga sebagai seorang pendidik sebaiknya kita membuat suasana kelas nyaman dan tidak membosankan agar peserta didik memiliki "mood" yang tinggi terhadap materi pembelajaran.
4. Perhatian : Peserta didik akan memperhatikan apa yang dianggap menarik olehnya.

1 komentar:

aly_R mengatakan...

Ass, sebagai sesama mahasiswa pendidikan, saya rasa ulasannya. Saya mohon izin untuk menampilkannya di skripsi saya, dengan tetap mencantumkan nama anda. Cuma, lebih baik lagi kalau dilengkapi referensi, biar mudah melacak sumbernya.